BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 30 November 2010

Tips Menghindari Tuntutan

Beberapa tips agar terhindar dari pengabulan tuntutan:
1. “Buat dan implementasikan kebijakan keamanan dalam perusahaan. Kemangkan kebijakan yang jelas mengenai cara bagaimana perusahaan menjaga data, dan pastikan bahwa kebijakan tersebut didokumentasikan dengan baik.
2. “Lakukan audit keamanan.” Pastikan perusahaan telah mengikuti kebijakan keamanan informasinya dengan cara mempekerjakan pihak ketiga untuk mengujinya. Mempekerjakan pihak ketiga dan yang obyektif untuk meninjau keamanan informasi perusahaan, dapat membantu memperbaiki hal yang selama ini dicari oleh perusahaan yaitu untuk tetap jauh dari resiko keamanan.
3. “Mempertimbangkan keamanan dalam kontrak.” Ketika melakukan outsourcing, perusahaan harus memastikan perusahaan lain telah memiliki dan mengikuti prosedur keamanan yang memadai.
4. “Jangan membuat janji yang tidak dapt Anda tepati.” Perusahaan seharusnya jangan pernah menjanjikan keamanan yang tidak pernah gagal, selain dari ukuran keamanan-keamanan yang wajar. Membuat janji besar dapat menyeret anda ke risiko tuntutan pelanggaran kontrak.
5. “perhatikan peraturan-peraturan yang mempengaruhi industry perusahaan anda.” Beberapa Negara kadangkala memiliki peraturan mengenai perlindungan atas informasi pelanggan. Pastikan bahwa perusahaan mengtahui peraturan di Negara-negara tempat perusahaan menjalankan bisnisnya.
6. “pertimbangkan untuk membeli asuransi e-commerce.” Asuransi maya melindungi dari sisiko online yang tidak dilingungi oleh asuransi dasar bisnis. Asuransi maya meliputi kejadian seperti serangan yang menyebabkan pengingkaran pelayanan, kode-kode salah yang menyesatkan, dan isi web yang tidak layak.
7. “Perhatikan hal-hal yang dilaksanakan oleh perusahaan yang hamper sama dengan perusahaan anda.” Tetaplah mencari tahu apa yang telah dilaksanakan perusahaan lain agar anda dapat membuktikan bahawa anda melakukan usaha sebanyak yang dilakukan oran lain, dalam hal keamanan.


Dikutip dari Buku Accounting Information System karangan Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart.

0 komentar: