BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 05 April 2010

CARA MENGOLAH DATA ANALISIS

Mungkin masih banyak diantara kita yang masih bingung bagaimana harus memulai melakukan analisis atau pengolahan data walaupun teknik, cara, dan konsep tentang tahapan-tahapan dalam melakukanriset baik secara global maupun sampai pada penjabaran tiap tahap telah dibicarakan. Maka dibawah ini adalah langkah-langkah bagaimana cara analisis dari suatu riset:
1. Tentukan Permasalahan
Permasalahan dapt dilihat dari dua sisi, yaitu adanya peluang-peluang yang dapat di raih, dan/atau masalah-masalah yang harus ditangani cara pemecahannya.
2. Rumuskan Masalahnya
Untuk mengetahui mengapa laporan-laporan akuntasi sering terlambat dan tidak akurat dapat dilihat dari bermacam-macam sudut. Agar riset ini terarah penelitiannya harus dipersempitsesuai dengan prioritas ataupun kemampuan periset sendiri.
3. Landasan Teoritis
Cari landasan berpijal berupa teori-teori yang mendukung maupun hasil riset orang lain yang telah dinyatakan benar.
4. Data yang Diperlukan
Data yang dikumpulkan bisa berupa data primer dan data sekunder, tergantung kebutuhan.
5. Alat Analisis yang Diperlukan
Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis. Analisis dilaukukan untuk menjawab permasalahan utama yang telah dirumuskan melalui Rumusan Masalah.
6. Cara Menganalisis
Biasanya alat analisis sudah dilengkapi dengan cara-caranya sendiri, sehingga harus ada singkronisasi antara data yang didapat dengan alat analisisnya.
7. Kesimpulan
Dari analisis yang sudah dilakukan, perlu dibuat sebuah kesimpulan hasil studinya. Kesimpulan dapat berupa ringkasan hasil penelitian maupun jawaban atas rumusan masalah. Semuai itu disesuaikan dengan bentuk penelitian yang dilakukan.


Sumber: Buku RISET AKUNTANSI karangan Drs. Husain Umar, SE., M.M., MBA tahun 1997 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

0 komentar: