BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 05 April 2010

Metode dan Intrumen Pengumpulan Data

Menurut Sevilla (1988), paling tidak ada criteria agar instrument pengumpulan datadikatakan baik, yaitu:
1. Reliabilitas
Reliabilitas adalah derajad ketepatan, ketelitian atau akurasi yang ditujukan instrument pengukuran.
2. Validitas
Validitas dalam penelitian dijelaskan sebagai suatu derajat ketepatan alat ukur penelitian tentang isi atau arti sebenarnya yang diukur. Paling tidak yang dapat kita lakukan dalam menetapkan vvaliditas suatu instrumen pengukuran adalah menghasilkan derajat yang tinggi dari kedekatan data yang diperoleh dengan apa yang kita yakini dalam pengukuran.
3. Sensitivitas
Sensitivitas dalam penelitian dijelaskan sebagai kemampuan suatu instrumen untuk melakukan diskriminasi yang diperlukan untuk masalah penelitian. Bila reliabilitas dan validitas tinggi, tampaknya tes tersebut juga sensitif, mempertajam perbedaan dalam derajat variasi-variasi karakteristik yang diukur.
4. Obyektifitas
Obyektifitas dapat dijelaskan sebagai derajat di mana pengukuran yang dilakukan bebas dari pendapat dan penilaian subyektif, bebas dari bias, dan perasaan orang-orang yang menggunakan tes.
5. Fisibilitas
Fisibilitas berkenaan dengan aspek-aspek keterampilan, pemggunaan sumber daya, dan waktu. Ada beberapa tes tertentu yang hanya menuntut keterampilan minimum dalam menyusun dan mengabalisis hasil tes, 9tetapi ada juga yang menuntut keterampilan yang lebih tinggi. Biaya dan waktu juga dapat menjadi kendala dalam penelitian sehigga perlu pertimbangan-pertimbangan agar penelitiandisesuaikan dengan kemampuan.

Teknik pengumpulan data
1. Metode pengamatan
Metode pengamatan menuntut adanya pengamatan dari si peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap obyek yang diteliti dengan menggunakan instrument berupa pedoman penelitian.
2. Metode tes
Untuk mengumpulkan data yang sifatnya mengevaluasi hasil proses atau untuk mendapatkan kondisi awal sebelum proses metode tes ini dapat dipakai. Instrumennya dapat berupa soal-soal uian atau soal-soal tes.
3. Metode pertanyaan
Metode sangat efektif dalam pendekatan survey dan lebih reliable. Metode ini dapat berupa wawancara, baik wawancara terstruktur maupun tidak terstrukturdan berbentuk pengisian kuisioner.


Sumber: Buku RISET AKUNTANSI karangan Drs. Husain Umar, SE., M.M., MBA tahun 1997 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

0 komentar: