BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 05 Desember 2010

Konsep Investasi

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. (http://id.wikipedia.org/wiki/Investasi)
Menurut Abdul Halim (Analisis Investasi 2005:4) investasi pada hakekatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang.
Menurut Bambang Susilo (Pasar Modal 2009:2) invesatasi sering diartikan sebagai komitmen untuk mengalokasikan sejumlah dana pada satu atau lebih asset (pada saat ini) yang diharapkan akan memberikan return (keuntungan) dimasa yang akan dating.
Menurut Eduardus Tandelilin (Portofolio dan Investasi 2010:2) investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan dimasa datang.
Dari beberapa pengertian investasi menurut tokoh diatas penulis menyimpulkan bahwa pengertian dari investasi adalah pengalokasian atau penempatan dana pada asset-aset baik berupa asset financial maupun riil dengan mempertimbangkan tingkat risiko tertentu dan mengharapkan return di masa yang akan datang.

0 komentar: